Menu Tutup

Yuk Kita Main Egrang

Permainan tradisional apa saja yang udah pernah kalian lakukan?
Masa kecil kalian pasti tau permainan yang satu ini atau mungkin udah sering memainkannya. Yap egrang!! siapa yang nggak tau egrang ✋🏼. Egrang adalah salah satu dari permainan tradisional yang menjadi tradisi bangsa Indonesia. Permainan ini menggunakan batang bambu sebagai bahan utamanya yang nantinya dibentuk supaya orang dapat menaikinya. Mungkin jika kita hanya melihatnya cukup mudah bukan? eits salah… permainan ini memerlukan keahlian khusus terutama bagi para pemula, karena kita harus menjaga keseimbangan untuk dapat berdiri diatasnya kemudian berjalan dalam jarak atau waktu tertentu.

Oke lanjut..
Kata egrang dikonfirmasi berasal dari Bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu bulat panjang. Permainan egrang cukup sering ditemui saat lomba perayaan kemerdekaan Indonesia. Jenis lomba yang dilakukan biasanya balap lari bahkan sepak bola menggunakan egrang.

Permainan yang menarik dan tentunya seru ini ternyata memiliki filosofi yang cukup dalam loh sahabat. Pertama, permaianan ini membutuhkan niat dan usaha yang kuat. Hal tersebut tergambarkan di saat kita mulai memijakkan kaki di tumpuan serta mencondongkan badan agak kedepan kita tidak boleh ragu untuk mulai berjalan. Pemain harus berjalan dengan stabil dan seimbang supaya tidak jatuh, hal ini sama dengan nilai-nilai kehidupan. Ketika kita sudah mengambil suatu keputusan, kita harus bertekad dan berkomitmen untuk menyelesaikannya dan tidak boleh ragu-ragu.

Selain itu, kerja keras dan keuletan juga menjadi salah satu nilai budaya dalam permainan ini. Yang mana Nilai kerja keras tercermin dari semangat si pemain itu sendiri, yang berusaha agar bisa berjalan dengan cepat dan stabil hingga sampai ke tempat yang sudah ditentukan. Kemudian, nilai keuletan dapat terlihat pada proses pembuatan tongkat kayu yang akan digunakan untuk Egrang, di mana bambu harus dibuat sebaik mungkin supaya tidak patah atau rusak ketika dinaiki oleh pemain.

Jadi.. Lestarikan tradisi Indonesia yaa apapun budaya Indonesia termasuk permainan tradisionalnya, jangan biarkan keseruan permainan ini sirna begitu saja!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *