Menu Tutup

Yuk Kita Main Gobak Sodor

Permainan tradisional apa saja yang sudah pernah menemanimu di waktu kecil?? Apakah gobak sodor salah satunya?

Gobak sodor cukup terkenal di setiap wilayah Indonesia yang tentunya juga memiliki penamaan yang berbeda-beda pula. Nama Gobak Sodor berasal dari kata Gobak dan Sodor. Kata Gobak sendiri artinya bergerak dengan bebas, sedangkan sodor artinya Tombak. Menurut KBBI, gobak artinya permainan tradisional yang menggunakan lapangan berbentuk segi empat berpetak-petak.

Peraturan dasar dari permainan gobak sodor ini adalah mempertahankan garis pertahanan terakhir dengan cara menghadang atau menghalang-halangi lawan yang berusaha berlari meloloskan diri menembus garis pertahanan. Tim yang meloloskan semua anggota akan menjadi pemenang. Sedangkan bila ada salah satu anggota tim yang tertangkap atau tersentuh lawan, secara langsung akan membuat timnya gugur dan bergantian menjaga benteng.

Dibutuhkan strategi yang matang dalam permainan ini. Bentuk benteng hanya berupa tanah atau tempat yang dibagi enam bagian dengan tiga garis horisontal dan satu garis vertikal.

Gerakan yang cepat dan spontan, kerjasama antar tim, serta dapat membentuk karakter pemain. Wajar bila akhirnya Kementerian Pemuda dan Olahraga memasukkan gobak sodor sebagai salah satu bentuk permainan olahraga tradisional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *