Menu Tutup

Tips Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

Hola Sahabat PENA.. Disini mimin akan memberi tips dan motivasi bagi kalian yang ingin belajar bahasa asing secara otodidak. Mimin sendiri lagi berjuang untuk belajar bahasa Korea lo.

Pertama, pelajari hurufnya. Karena tidak semua bahasa asing menggunakan abjad yang sama, seperti bahasa Jepang, Korea, dan masih banyak lagi. Mempelajari huruf tentu menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Jika sudah hafal dan paham dengan benar, jangan lupa untuk belajar bagaimana cara pengucapannya. Bahasa Inggris pun menggunakan abjad seperti bahasa Indonesia. Tapi pengucapannya jauh berbeda sekali bukan?

Kedua, harus memiliki inisiatif untuk mempelajari tata bahasa dan menambah kosakata. Tips dari mimin, kalian bisa menghafal 10 kosakata baru setiap hari. Lalu untuk mempajari tata bahasa, kita bisa searching di google atau menonton video di YouTube. Misal nih, mimin lagi belajar bahasa Korea dan mimin ingin belajar satu tata bahasa baru. Mimin tinggal mencari “-더라 grammar”. Disitu pasti banyak website atau channel yang menjelaskan apa yang mimin maksud.

Ketiga, seringlah menonton film, acara TV, dan dengerin lagu berbahasa asing. Jika kita mendengarkan lagu, carilah lirik asli lagu tersebut dn terjemahkan kedalam bahasa Indonesia per kalimatnya dengan kamus manual ya. Kenapa manual? Karena saat mencari suatu kata dari kamus manual, kalian justru akan menemukan banyak kosakata baru, dengan begitu kita bisa menambah banyak kosakata baru.

Yang terakhir, harus berani dan percaya diri untuk melatih kemampuan berbicara bahasa asing. Kita bisa mencoba dengan menyanyikan lagu bahasa asing yang dipelajari, mengikuti ucapan yang dilontarkan aktor film, juga bisa dengan mencari teman online yang bisa kalian ajak untuk berbicara.

Jangan lupa dua hal penting, yaitu niat yang kuat dan tekun. Karena keberhasilan belajar bahasa asing secara otodidak itu tergantung dengan usaha kita. Disiplin dalam belajar juga penting ya! Agar usaha kita tidak sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *