Menu Tutup

“Tembe Nggoli” Kain Tenun Khas Suku Mbojo

Hai Sahabat PENA! 👋😁
Kalian tau nggak apa itu Tembe Nggoli?

Tembe Nggoli merupakan sarung tenun tangan khas Suku Mbojo atau Bima-Dompu yang dibuat dari benang khusus buatan pabrik yang disebut dengan Kafa Nggoli yang memiliki warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Tembe Nggoli, berbahan halus, tidak mudah sobek, dan dapat menghangatkan tubuh. Tembe Nggoli memiliki keunikan, bila dipakai saat cuaca dingin akan hangat, begitupun saat dipakai saat cuaca panas akan terasa dingin.

Tenun Tembe Nggoli salah satu kain tenun mbojo yang sudah dikenal sejak dulu sebagai tenunan khas dari Kerajaan Bima. Kerajaan Bima sendiri merupakan salah satu kerajaan terkenal di Indonesia bagian timur.

Rimpu dengan menggunakan Tembe Nggoli merupakan tradisi busana leluhur masyarakat Bima. Karenanya, Tembe Nggoli dirajut dengan motif dan kualitas  yang sangat baik.

Penggunaan Tembe Nggoli oleh masyarakat Mbojo (Bima-Dompu). Masyarakat Bima-Dompu sering menggunakan Tenun Tembe Nggoli untuk kegiatan Sehari-hari Seperti untuk beribadah, acara adat, serta digunakan pada saat tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *