Kategori
Artikel

Sekilas Tentang Budaya Reog Sunda

Hai Pemuda Indonesia,👋🏼Siapa sih yang nggak pernah denger kata Sunda? Pasti sudah sering sekali, apalagi kalau berbicara tentang kebudayaannya. Reog sunda, loh emang di Sunda ada juga kesenian Reog? Yuuk mari simak dulu penjelasannya. Jadii, Reog Sunda adalah salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Yang didalamnya memadukan nyanyian, lawakan, cerita sosial, […]

Kategori
Artikel

Memaknai pancasila dengan konteks yang terjadi di masa kini

Toleransi akan keberagaman, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, persatuan yang kuat antar sesama, keadilan yang mengikat setiap individu, serta kesejahteraan adalah salah satu dari beberapa contoh refleksi dari nilai-nilai pancasila yang harus diterapkan setiap hari oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali adalah pemuda. Pemuda Indonesia memiliki peranan besar terhadap perkembangan nasib bangsa nantinya. Sekarang ini […]

Kategori
Artikel

Mengenal Tradisi Pukul Manyapu

Tau nggak sih, di Maluku Tengah tepatnya di Desa Mamala dan Desa Morella, Kecamatan Leihitu ada suatu warisan budaya yang cukup unik. Yaa, atraksi ini dikenal dengan Pukul Manyapu atau Baku Pukul Manyapu yang dilangsungkan setiap 7 syawal dan sudah berlangsung sejak dari abad XVII yang diciptakan seorang tokoh agama Islam dari Maluku bernama Imam […]

Kategori
Artikel

“Kreatif, Innovatif, Mandiri” Wajib Dimiliki Milenial

Hai Sahabat PENA!Pada postingan kali ini mimin ingin sharing sedikit mengenai hal yang wajib dimiliki para milenial nih, yaitu kreatifitas, inovasi, dan kemandirian. Sahabat, kreatifitas yang kita miliki merupakan anugerah dari Tuhan dan sangat penting untuk diasah dan dikembangkan. untuk itu, sebagai pemuda, wajib mempunyai pemikiran unik dan kreatif yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Dengan […]

Kategori
Artikel

Tradisi Sekura

Hai Sahabat PENA! Kali ini kita bakal meluncur ke Pulau Sumatera tepatnya di Kabupaten Lampung Barat yang memiliki tradisi unik bernama Topeng Sekura. Topeng merupakan salah satu ragam kesenian yang tidak dapat dipisahkan dari khazanah budaya tradisional Lampung, yang telah berkembang sejak provinsi paling timur di Pulau Sumatera ini berada di bawah Kesultanan Banten ada […]

Kategori
Artikel

Ketahanan Pangan

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi Negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mampu mengambil peran […]

Kategori
Artikel

Buah Parijoto

Sahabat PENA sudah pernah tau wujud Buah Parijoto? Atau mungkin pernah denger namanya? Sini.. kalau belum mimin jelasin. Buah parijoto merupakan jenis buah-buahan yang dapat mudah ditemukan di daerah Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Buah yang memiliki nama latin “Medinilla Speciosa”, memiliki buah yang bewarna ungu kehitaman jika dilihat secara sekilas hampir mirip dengan buah […]

Kategori
Artikel

Hauska Tutustua!

Sebelumnya mimin sudah membahas tentang bahasa Korea yang merupakan salah satu bahasa asing yang paling populer di Indonesia dikarenakan pengaruh budaya K-Pop mulai dari lagu, film, hingga drama yang disukai masyarakat luas. Nah, kali ini mimin mau memperkenalkan sedikit tentang bahasa asing dari negara di bagian utara bumi, tepatnya benua Eropa utara yang dikenal mempunyai […]

Kategori
Artikel

Belajar Bahasa korea

Halo, Sahabat PENA!Kari ini mimin mau ngajarin kalian belajar bahasa Korea nih. Saat ini, kita benar-benar bisa merasakan gimana populer-nya Korea kan? Mulai dari K-Pop, K-Drama, K-Film, sampai K-Food, semua yang berhubungan dengan Korea sangatlah memiliki banyak peminat.🤭 Oke deh, langsung aja tanpa bertele-tele lagi. Kali ini, mimin akan jelaskan terlebih dahulu bagaimana urutan kalimat […]

Kategori
Artikel

“BER.DI.KA.RI” Berdiri Diatas Kaki Sendiri

Berdikari merupakan sebuah hal penting yang harus ditanamkan pada setiap diri Pemuda Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Berdikari merupakan akronim dari berdiri di atas kaki sendiri dan diartikan sebagai tidak bergantung pada bantuan orang lain, tidak mudah menyerah dan selalu semangat menuju sebuah kesuksesan dan kemerdekaan. Sebuah akronim yang memang mencerminkan pemuda dan pemudi […]