Menu Tutup

Minat Baca Anak Usia Dini

5 CARA TUMBUHKAN MINAT BACA ANAK DI USIA DINI.

Hallo sobat pensku 🤗.
Kali ini mimin akan kasih tips menumbuhkan minat baca anak di usia dini. Kita telah sering mendengar kata-kata bijak tentang” buku adalah jendela dunia” yang artinya melalui buku kita bisa mengetahui banyak hal di dunia ini.

Kebiasaan membaca sangat penting untuk diajarkan kepada anak. Karena bila anak sudah gemar membaca maka membuat anak lebih kaya perbendaharaan kosakata, memperlancar kemampuan berbicara, dan menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan. Melansir laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut 5 cara efektif membuat anak usia dini gemar membaca:

1. Menyediakan Banyak Buku Bacaan.
Sediakan buku bacaan yg relevan kontennya denga usia anak. Boleh berupa buku belajar, komik, buku dongeng dll. Dengan banyaknya jenis buku akan membuat mereka mudah mengakses pengetahuan yg mrk sedang cari.

2. Luangkan Waktu Untuk Mebaca.
Karena org tua adalah figur pertama bagi anak, maka hal ini penting dilakukan org tua anak untuk memberi contoh kpd anak agar suka membaca. Boleh dilakukan diwaktu pagi sebelum kerja atau sore sepulang kerja.

3. Bacakan Buku Setiap Hari.
Bacakan buku yg relevan dan dengan usia anak. Misal buku2 imajiner, atau buku tentang pengetahuan umum. Pada dasarnya anak2 menikmati isi dari bacaan buku saat mereka dibacakan oleh org tua mereka.

4. Ceritakan Hasil Bacaannya.
Ceritakan hasil bacaan kepada anak sehingga mereka lebih faham. Dan juga minta anak untuk menceritakan hasil bacaan mereka agar orf tua tau sudut pandang anak dalam membaca suatu buku.

5. Ajak Anak Beli Buku.
Ajarkan kepada anak untuk menyukai buku dengan mengajaknya ke toko buku saat org tua membeli buku. Dengan demikian org tua telah mengajarkan kpd anak agar lebih baik membelanajakan uang untuk membeli buku daripada beli hal-hal yang kurang berguna atau sekedar nafsu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *