Menu Tutup

Memaknai pancasila dengan konteks yang terjadi di masa kini

Toleransi akan keberagaman, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, persatuan yang kuat antar sesama, keadilan yang mengikat setiap individu, serta kesejahteraan adalah salah satu dari beberapa contoh refleksi dari nilai-nilai pancasila yang harus diterapkan setiap hari oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali adalah pemuda. Pemuda Indonesia memiliki peranan besar terhadap perkembangan nasib bangsa nantinya.

Sekarang ini kita sering mendengar bahwa pemuda jaman sekarang banyak yang terpengaruh oleh budaya luar hingga lupa dengan budayanya sendiri. Tentu saja hal tersebut bukan hal yang bagus. Ingat, bahwa pemuda bukan hanya anak muda yang belum bisa memberi kontribusi baik untuk negara, justru pemuda adalah pemimpin masa depan bangsa sehingga ide-ide kreatifnya sangat diperlukan untuk menjadikan Indonesia lebih maju kedepannya. Oleh karenanya, mengimplementasikan nilai-nilai Pancasia dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal yang penting supaya pemuda tidak lupa dengan budayanya sendiri dan bisa memberi kontribusi positif untuk Indonesia.

Selain itu, pemuda tidak hanya harus cerdas saja, tetapi harus punya pengetahuan dan kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Dari hal tersebut, banyak kegiatan sosial yang dapat dilakukan, yang secara implisit akan menyosialisasikan bahwa masih banyak pemuda Indonesia yang menerapkan nilai-nilai Pancasila, dan kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Dengan demikian, mensosialisasikannya adalah dengan menunjukkan dimulai dari diri sendiri, di kalangan generasi muda Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *