Menu Tutup

Latihan Listening Dengan Menonton Film Asing

Bonjour! Hola! Hello!
Teruntuk kalian yang sedang mempelajari bahasa asing, apakah kalian merasa masih kurang mampu saat menangkap pembicaraan seseorang dalam bahasa asing? Atau yang biasa kita sebut dengan skill listening. Banyak orang yang menyarankan latihan listening bisa dilakukan dengan menonton film asing dari negara yang sedang kita pelajari bahasanya.

Kita bisa mencoba berlatih dengan melihat film tanpa bantuan subtitle untuk melihat sejauh mana kemampuan listening dan pengetahuan kosakata kita.

Akan tetapi di sisi lain, terkadang saat kita mencoba melihat film tanpa bantuan subtitle, dialognya terdengar asing. Namun saat kita melihat subtitle, kita langsung paham apa yang dibicarakan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya adalah karena kita kurang berlatih speaking, sehingga kita tidak mengerti bagaimana suatu kata diucapkan dengan benar.

Jika hal tersebut terjadi, maka kita perlu merubah teknik belajar kita. Saat menghafal kosakata baru, kita juga perlu belajar cara mengucapkannya secara verbal dengan benar. Dengan begitu, kemampuan speaking dan listening kita akan seimbang dan saat nonton film tanpa subtitle pun kita tidak akan merasa kesulitan lagi.

Jadi menghabiskan waktu untuk menonton film selama self-quarantine tidak ada salahnya selama kita bisa sekaligus memanfaatkannya untuk menambah skill bahasa asing dan bisa mengatur waktu dengan baik.

Sekian pendapat dan saran dari mimin. May you all have a nice day!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *