Menu Tutup

“Klepon” Lambang Kelembutan, Ketelitian, Kesabaran, dan Keuletan

Baru baru ini klepon jadi pusat pembicaraan loh, pasti kalian udah pada tau. Jadi sekalian aja kita bahas filosofi klepon!

Bagi sebagian orang, klepon itu cuma makanan warna hijau dalemnya ada gula jawa cairnya dan ada taburan kelapa diluarnya. Ternyata klepon merupakan petunjuk dalam tata laku kehidupan loh, kok bisa?

KLEPON = Kanti Lelaku Pesti Ono (menjalani kehidupan dengan penuh kesederhanaan dan perjuangan pasti ada jalan keluar).

Klepon merupakan lambang kelembutan, kesabaran, ketelitian dan keuletan. Hal tersebut tercermin dalam proses pembuatannya yang harus pas ga boleh kurang ga boleh lebih.

Bahkan saat kita makan klepon pun ada filosofinya loh. Mulut harus mingkem (tertutup nggak boleh terbuka) jadi kalo pas makan biar gula jawanya nggak muncrat. Maksudnya jaga cara bicaramu supaya tidak menjadi “harimaumu”. Mantep bangetkan.

Makanan ini udah tuaaa banget loh, bahkan ada buktinya dalam naskah atau pusaka Keraton Surakarta (Serat Centhini awal abad ke19). Makanan ini cukup gampang lo ditemui, jadi kalo pas mau makan klepon mungkin kawan-kawan bisa sambil memahami filosofi keren diatas. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *