Menu Tutup

“Congklak” Permainan Kaya Manfaat

Hola Sahabat PENA!
Masa kanak-kanak kalian pasti masih identik sama main congklak. Udah pada tau belum apa itu congklak? Itulo permainan tradisional yang papan mainnya terdiri atas 14 lubang kecil, yang ditata memanjang ada yang saling berhadapan dan satu dibagian kanan-kiri.

Permainan ini dimainkan oleh 2 orang, sebelum memulai permainan bisanya sih melakukan suit dulu. Dan pemenang ditentukan dari siapa yang bisa mengumpulkan biji terbanyak.

Permainan ini memiliki sejarah yang cukup menarik lo Sahabat, congklak dipercayai berasal dari negeri Afrika atau Arab. Permainan ini sampai ke nusantara tidak lain melalui para pedagang Arab yang berlabuh. Zaman dulu, permainan ini dimainkan tidak hanya oleh rakyat jelata, tapi juga oleh para golongan istana. Namun dengan papan permaianan yang lebih mewah daripada yang biasanya dimainkan.

Bermain congklak punya manfaat yang banyak ternyata terutama bagi anak-anak antara lain: 1) dapat melatih saraf motorik anak, karena erat melibatkan koordinasi mata dan tangan anak. 2) melatih kemampuan berhitung. 3) melatih kejujuran, untuk meletakkan biji sesuai tempatnya dan mengakui ketika biji yang dimilikinya habis. 4) belajar taat aturan.

Waah ternyata cukup banyak juga ya manfaat yang ditawarkan dari bermain congklak, selain cara mendapatkannya mudah dan yang terpenting tidak perlu menghabiskan banyak biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *