Kategori
Artikel

Buah Parijoto

Sahabat PENA sudah pernah tau wujud Buah Parijoto? Atau mungkin pernah denger namanya? Sini.. kalau belum mimin jelasin. Buah parijoto merupakan jenis buah-buahan yang dapat mudah ditemukan di daerah Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Buah yang memiliki nama latin “Medinilla Speciosa”, memiliki buah yang bewarna ungu kehitaman jika dilihat secara sekilas hampir mirip dengan buah […]

Kategori
Artikel

Hauska Tutustua!

Sebelumnya mimin sudah membahas tentang bahasa Korea yang merupakan salah satu bahasa asing yang paling populer di Indonesia dikarenakan pengaruh budaya K-Pop mulai dari lagu, film, hingga drama yang disukai masyarakat luas. Nah, kali ini mimin mau memperkenalkan sedikit tentang bahasa asing dari negara di bagian utara bumi, tepatnya benua Eropa utara yang dikenal mempunyai […]

Kategori
Artikel

Belajar Bahasa korea

Halo, Sahabat PENA!Kari ini mimin mau ngajarin kalian belajar bahasa Korea nih. Saat ini, kita benar-benar bisa merasakan gimana populer-nya Korea kan? Mulai dari K-Pop, K-Drama, K-Film, sampai K-Food, semua yang berhubungan dengan Korea sangatlah memiliki banyak peminat.🤭 Oke deh, langsung aja tanpa bertele-tele lagi. Kali ini, mimin akan jelaskan terlebih dahulu bagaimana urutan kalimat […]

Kategori
Artikel

“BER.DI.KA.RI” Berdiri Diatas Kaki Sendiri

Berdikari merupakan sebuah hal penting yang harus ditanamkan pada setiap diri Pemuda Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Berdikari merupakan akronim dari berdiri di atas kaki sendiri dan diartikan sebagai tidak bergantung pada bantuan orang lain, tidak mudah menyerah dan selalu semangat menuju sebuah kesuksesan dan kemerdekaan. Sebuah akronim yang memang mencerminkan pemuda dan pemudi […]

Kategori
Artikel

Rainbow Reading Garden

Halo sahabat PENA! Pernahkah kita berfikir betapa beruntungnya kita yang memiliki banyak kesempatan dan akses untuk membaca buku? Mungkin diantara kita telah mengganggap membaca buku adalah hal yang lumrah dilakukan dimana dan kapan saja, perpustakaan daerah, digital library, dan banyak kesempatan yang kita miliki untuk mengakses buku secara offline atau online. Namun, pernakah sahabat mengetahui […]

Kategori
Artikel

“Congklak” Permainan Kaya Manfaat

Hola Sahabat PENA! Masa kanak-kanak kalian pasti masih identik sama main congklak. Udah pada tau belum apa itu congklak? Itulo permainan tradisional yang papan mainnya terdiri atas 14 lubang kecil, yang ditata memanjang ada yang saling berhadapan dan satu dibagian kanan-kiri. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang, sebelum memulai permainan bisanya sih melakukan suit dulu. […]

Kategori
Artikel

Bahasa Pintu Dunia

Hallo sahabat PENA! Kalian pernah denger istilah diatas kan? Atau yang hampir mirip gitu? Nah kalau belum pernah denger, mimin kasih tau nih. Bahasa pintu dunia memiliki artian simpel nya yakni semakin banyak bahasa yang kamu kuasai, maka akan semakin mudah pula kamu beradaptasi di tempat baru. Saat kamu bisa menguasai bahasa negara asing, maka […]

Kategori
Artikel

“Rindik” Alat Musik Tradisional dari Pulai Dewata

Wawasan budaya kali ini mari kita meluncur ke Pulau Dewata. Pulau yang kaya dengan pesona alam, budaya dan tradisinya. Kali ini mimin mau memperkenalkan salah satu alat musik bernama Rindik. Alat musik tradisional yang terbuat dari potongan bambu berjumlah 11 sampai 13 buah, dengan beragam ukuran yang tentunya memiliki nada tangga yang bervariasi pula. Penyusunan […]

Kategori
Artikel

“Malala Yousafzai” Penerima Penghargaan Nobel Termuda

Dear brothers and sisters, we want schools and education for every child’s bright future. We will continue our journey to our destination of peace and education for everyone. No one can stop us. We will speak for our rights and we will bring change through our voice. We must believe in the power and the […]

Kategori
Artikel

“Klepon” Lambang Kelembutan, Ketelitian, Kesabaran, dan Keuletan

Baru baru ini klepon jadi pusat pembicaraan loh, pasti kalian udah pada tau. Jadi sekalian aja kita bahas filosofi klepon! Bagi sebagian orang, klepon itu cuma makanan warna hijau dalemnya ada gula jawa cairnya dan ada taburan kelapa diluarnya. Ternyata klepon merupakan petunjuk dalam tata laku kehidupan loh, kok bisa? KLEPON = Kanti Lelaku Pesti […]