Menu Tutup

“BER.DI.KA.RI” Berdiri Diatas Kaki Sendiri

Berdikari merupakan sebuah hal penting yang harus ditanamkan pada setiap diri Pemuda Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Berdikari merupakan akronim dari berdiri di atas kaki sendiri dan diartikan sebagai tidak bergantung pada bantuan orang lain, tidak mudah menyerah dan selalu semangat menuju sebuah kesuksesan dan kemerdekaan.

Sebuah akronim yang memang mencerminkan pemuda dan pemudi Indonesia yang diharapkan era ini. Bersatu padu tanpa perpecahan menjadi bangsa yang saling menghormati dan menghargai dengan kemajemukannya.

Dengan Berdikari, Pemuda Indonesia dapat menjadi pemuda yang mandiri dan tidak menggantungkan pada orang lain. Saat ini Pemuda Indonesia dituntut untuk menjadi Pemuda Berdikari untuk melepaskan ketergantungan Indonesia pada pihak asing dan menjadi bangsa yang mandiri.

Bung karno dalam pidatonya pernah menjelaskan tiga prinsip berdikari. Yakni, berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Ketiga-tiganya prinsip berdikari ini, kata Bung Karno, tidak dapat dipisahkan dan dipreteli satu sama lain. Hal ini disampaikan pada pidato 17 Agustus 1965 dan masih relevan hingga sekarang.

“Jadilah Pemuda yang Berdikari”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *